Blusukan untuk teliti Durian Langka Dibaritahon tanggal February 14, 2014

0

Foto0269_001Endang Yuniastuti Br. Tambunan (Ny. Pdt. SM Sibuea, STh)

Semula hanya karena kegemarannya pada buah durian, kemudian menjadi peduli terhadap verietas tersebut. Kegigihannya meneliti di berbagai daerahpun mengangkat dirinya sebagai peneliti specialis buah durian, termasuk varietas langkah tersebut.

Durian sukun bahasa latin durio zibetinus.. berasal dari karanganyar Matesih memilik bentuk dan ukuran sedang dengan buah yang tebal karena  biji buahnya tidak berkembang, selain itu rasanya yang manis dan enak serta mengandung gizi yang cukup tinggi.

Ibu dari seorang putri Morani Ratu Yunika Sibuea istri dari Pdt. SM. Sibuea, STh telah dijadikan boru Tambunan untuk komunitas Batak, juga dipercaya memimpin Pusat Studi Bioversitas dan Bioteknologi UNS, juga mempunyai kesukaan traveling menjelajahi daerah daerah yang sejalan dengan kegiatannya melakukan penelitian karena penasarannya tersebut dia pun dikenal juga sebagai king of fruit.

Strategi pemuliaan tanaman durian sukun lebih cenderung untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Saat ini dia pun lebih banyak mengarahkan untuk pembibitan dan produksi buahnya.

Sumber :  Suara merdeka edisi Sabtu 8 Februari 2014

 

Mangalehon Tanggapan